Friday, November 20, 2009

Dinas Trantib DKI Ajak Masyarakat Amankan Pemilu 2009
By Republika Newsroom
Sabtu, 15 November 2008 pukul 22:12:00
Font Size A A A
Email EMAIL
Print PRINT
Facebook
Bookmark and Share

JAKARTA -- Dinas Ketentraman, Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat (Trantib dan Linmas) Provinsi DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk ikut mengamankan jalannya Pemilu 2009 dan pemilihan presiden (Pilpres) 2009, kata Kepala Dinas Trantib dan Linmas Pemprov DKI Harianto Bajuri.

"Tugas mengamankan Pemilu dan Pilpres 2009 khususnya di DKI menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan pesta lima tahunan demokrasi yang aman, tertib, jujur dan adil," katanya dalam acara diskusi "Safari Simpatik Dinas Trantib dan Linmas Pemprov DKI", Sabtu.

Dengan demikina, katanya, Pemilu dan Pilpres 2009 dapat berjalan lancar dan aman di ibukota yang akan menjadi barometer dan contoh bagi daerah lain serta dunia internasional dalam mengamankan dan melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Dalam acara yang diikuti tiga ratusan peserta dari anggota komunikasi radio amatir penduduk, seperti RAPI, ORARI, Sinkomas itu Harianto menegaskan, program safari simpatik Dinas Trantib dan Linmas DKI merupakan upaya membangun komunikasi agar seluruh lapisan masyarakat dapat memahami dan melaksanakan peraturan pemerintah, khususnya peraturan daerah (perda) DKI.

Dia menegaskan, Dinas Trantib dan Linmas DKI selalu menggunakan pendekatan preventif sebelum melakukan penertiban, seperti memberikan peringatan I, II dan III, sehingga jika tindakan represif dilakukan itu harus melalui proses peringatan dan diharapkan masyarakat dapat memahaminya Perda DKI.

Harianto berharap, melalui kerjasama sosialisasi Perda DKI kepada masyarakat dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan para pemilik sarana radio komunikasi, maka akan dapat membantu tugas Dinas Trantib dan Linmas DKI dalam mewujudkan masyarakat Jakarta yang tertib dan tentram.

Sementara itu, Rektor UNJ Prof Dr Dedjo Sujanto, MPd saat memberikan sambutan pada acara tersebut mengatakan, safari simpatik Dinas Trantib dan Linmas DKI sebagai upaya proses pendidikan dan komunikasi masyarakat agar mereka menjadi memahami, menyadari dan melakukan sesuai dengan ketentuan Perda DKI.

Dia berharap bahwa para pemegang sarana komunikasi baik di kalangan Dinas Trantib dan Linmas DKI dan anggota organisasi radio masyarakat harus mampu menyampaikan komunikasi yang benar dan bertanggungjawab agar masyarakat nantinya memahami pesan apa yang harus dilaksanakan.

Penyampaian pesan dalam komunikasi kepada masyarakat merupakan salah satu proses pendidikan yang diharapkan dapat mewujudkan manusia yang berbudaya dan beradab, manusia yang kreatif, manusia yang berbudi pekerti dan bertoleransi serta manusia yang taat akan asas termasuk aturan agama.

Sementara itu, ketua panitia program Safari Simpatik itu Agus Sutiyono mengatakan, acara tersebut dimaksudkan meningkatkan komunikasi antara jajaran Dinas Trantib dan Linmas dengan jajaran tokoh pemuda masyarakat DKI khususnya pemegang sarana radio komunikasi, sehingga diharapkan mampu meningkatkan sosialisasi program dan perda DKI kepada masyarakat luas di wilayah Jakarta.ant/kp

No comments: