Tuesday, July 15, 2008


Staf Ahli Mendiknas Bidang Mutu Pendidikan Mengunjungi Sekolah Binaan DBE2 USAID di Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Ramah Tamah

Salah satu program Staf Ahli Mendiknas Bidang Mutu Pendidikan adalah memberikan masukan atau bahan pertimbangan kepada Menteri Pendidikan Nasional. Bahan Masukan tersebut tertuang dalam kajian “Partisipasi Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”.

Tim Staf Ahli Mendiknas melaksanakan pengumpulan data di satuan pendidikan, dalam hal ini di SD Kartika Wirabuana 1 dan SD Negeri Mamajang II Kota Makassar, yang merupakan sekolah binaan DBE2 USAID. Kedua sekolah ini adalah merupakan sekolah sampel di Propinsi Sulawesi Selatan. Ketua Tim pengkajian dan pengumpulan data, Bapak Agus Sutiyono,S.Pd,MM, yang berkunjung ke kedua sekolah tersebut disambut penuh persaudaraan, baik Bapak Drs.Syahrun Kepala SD Kartika Wirabuana 1 dan Ibu Basse Opu Kepala SD Negeri Mamajang II memberikan ekspresi kegembiraan atas kehadiran staf ahli Mendiknas tersebut. Pertemuan itu sukses atas dukungan orang tua siswa, komite sekolah/yayasan dan kepala UPTD Pendidikan Kec. Mamajang yang didampingi M. Amir Mallarangan, MTT DBE2 Gugus 1 Mamajang Kota Makassar, pada hari Selasa, 29 April 2008.

Secara jujur, Bapak Agus Sutiyono memberikan apresiasi positif terhadap kedua sekolah binaan DBE2 untuk dijadikan model bagi sekolah lainnya di luar binaan DBE2. Lebih seru lagi beliau menantang DBE2 USAID untuk kerja bareng melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sebuah tantangan untuk menjalin kemitraan yang partisipatif.

Materi kunjungan/pertemuan antara lain: Tim menjelaskan maksud dan tujuan pengkajian, pengisian kuesioner oleh responden didampingi oleh anggota tim, wawancara dengan kepala sekolah/komite sekolah/tokoh masyarakat, observasi lingkungan sekolah dan ramah tamah.

No comments: