Monday, December 27, 2010


Workshop Koordinasi dan Sinergitas Rumah Pintar dengan PTK-PNF Depdiknas

Pada tanggal 4-5 November 2009 lalu, SIKIB bersama Depdiknas kembali membuat workshop. Workshop kali ini merupakan bentuk tindak lanjut dari kerjasama SIKIB dengan Direktorat Jenderal PTK-PNF Depdiknas dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan salah satu program SIKIB yaitu Indonesia Pintar khususnya pada program Rumah Pintar.

Sesuai dengan tema yang diusung kali ini yaitu Workshop Koordinasi dan Sinergitas Rumah Pintar dengan PTK-PNF, maka SIKIB mengundang para pengelola dan tutor hampi rdi seluruh Indonesia untuk hadir di Jakarta. Tepatnya di aula gedung Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur.

Workshop Koordinasi dan Sinergitas Rumah Pintar dengan PTK-PNF Depdiknas ini bertujuan untuk merumuskan program-program yang akan dijalankan di masing-masing Rumah Pintar tahun 2010. Merumuskan pola sinergitas antara program Rumah Pintar dengan Direktorat PTK PNF dan Direktorat Pendidikan Kemasyarakatan Depdiknas. Selain itu untuk membina koordinasi antar pengelola Rumah Pintar di seluruh Indonesia.

Workshop ini dihadiri sekitar 60 pengelola dan tutor dari Rumah Pintar di beberapa daerah di Indonesia. Hadir pula Istri Menteri Pendidikan yang juga tergabung dalam Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu, Ibu Laily Muhammad Nuh untuk membuka workshop dan memberikan materi mengenai managemen Rumah Pintar. Selain itu, Ibu Ella Yulaelawati, P. hD dari Direktorat Pendidikan Masyarakat Depdiknas, Drs.Nasrudin M.Pd dari Kasubdit Pendidik PNF Depdiknas dan Dr. Agus Sutiyono, Sekretaris Jurusan Pendidikan Luar Sekolah UNJ juga turut partisipasi dalam pemberian materi.

Pada hari kedua dalam workshop ini, Ibu Okke Hatta Rajasa selaku koordinator program Indonesia Pintar hadir pula untuk memberikan gambaran mengenai rangkaian program SIKIB yang terdiri dari 5 pilar yaitu Indonesia Pintar, Indonesia Peduli, Indonesia Hijau, Indonesia Kreatif dan Indonesia Sehat. Para istri Menteri mendedikasikan ilmu dan waktu mereka untuk mengajak perempuan dalam memaksimalkan potensinya untuk mencapai kesejahteraan melalui kelima pilar tadi. Dalam kesempatan itu pula, beliau berpesan padaseluruh hadirin untuk terus berusaha menjadi agent of change di masing-masing Rumah Pintar agar tercipta masyarakat yang sejahtera, khususnya bagi masyarakat sekitar Rumah Pintar. Setelah pemaparan tersebut, Ibu Okke Hatta Rajasa juga menyampaikan salam hangat dari Ibu Negara untuk seluruh peserta yang mengikuti workshop, para undangan, narasumber dan panitia yang diketuai oleh Dr. Sofia Hartati, M.Psi yang telah banyak berjasa sehingga workshop ini dapat terselenggara. [tya]

No comments: